Senin, 04 Februari 2013

Zaman Siti Nurbaya


makam siti nurbaya (gunung padang)

Banyak yang beranggapan zaman Siti Nurbaya adalah zaman perjodohan, namun tahukah anda sebenarnya bukanlah begitu hal sebenarnya. Memang banyak yang salah persepsi tentang hal ini karena dari zaman ke zaman orang sudah terbiasa dengan istilah zaman Siti Nurbaya adalah zaman perjodohan. Sebenarnya zaman Siti Nurbaya adalah zaman pengabdian seorang anak pada orang tua, zaman bakti seorang anak pada orang tua.
            Dalam cerita Siti Nurbaya di ceritakan bagaimana Siti berbakti kepada orang tua dengan mau di nikahi oleh Datuk Maringgih supaya sang ayah yang terjerat hutang piutang tidak masuk penjara. Siti ingin membebaskan ayahnya dari sang Datuk  yang licik, namun banyak orang yang salah mengartikan bahwa Siti di jodohkan padahal tidak.
            Zaman Siti Nurbaya, zaman yang masih dalam masa penjajahan itu terjadi di Sumatra Barat bahkan di gunung padang itu sendiri terdapat makamnya. Namun, hal ini tetaplah tergantung pada masing-masing individu, percaya atau tidaknya pada kebenaran cerita tersebut namun cerita Siti Nurbaya adalah cerita sastra yang sangat bagus. Penulis menggambarkan alurnya dengan sangat baik. Didalam cerita ini juga banyak sekali pelajaran-pelajaran berharga yang dapat di petik.

Tidak ada komentar: